Bagian - Bagian Power Supply



ENJI MEDIA - power supply adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Pada dasarnya power supply bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa power supply yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain. Fungsi dari power supply adalah mengubah arus Dari AC ke DC.

 Dari gambar di samping kita bisa melihat bagian-bagian Power Supply antara lain.
>Transient Filter
>Bagian Primer
>Bagian Sekunder

Pada Heatsink Primer terpasang komponen-komponen pendukung untuk bagian primer antara lain :
>DIODE BRIDGE/Primary Rectifier
>PFC Diode
>PFC Transistor
>Main Switcher

Sedangkan di Heatsink Sekunder terpasang Schottky rectifier untuk menghasilkan Tegangan +12V, +5V dan +3.3V.


Bagian – Bagian Power supply :

AC – IN Socket
AC – In socket merupakan sebagai jalan tegangan AC masuk ke dalam rangkaian Power supply. 3 pin yang terdapat dalam AC – IN socket, yang 2 pin untuk arus Ac dan yang 1 pin untuk ground.

Modul SMPS
Modul SMPS adalah komponen utama yang di miliki oleh Power supply karena modul SMPS berfungsi sebagai tempat pemrosesan arus AC di rubah menjadi arus DC. Sand – by Power supply (hasilnya berupa tegangan output + 5vDC dengan 2A) dan Main Power supply (menghasilkan tegangan – tegangan yang di butuhkan oleh motherboard) merupakan dua bagian yang terdapat dalam modul SMPS.

DC output socket.
DC output socket merupakan tempat hasil tegangan yang di hasilkan oleh modul SMPS. Macam – macam DC output socket : socket 20 + 4 pin, socket 4 pin untuk IDE, socket 4 pin untuk motherboard, socket 4 pin untuk floppy, socket 15 pin untuk SATA.

FAN cooler
FAN cooler adalah bagian yang mempunyai fungsi sebagai pendingin akibat panas yang di hasilkan oleh modul SMPS. Namun sebenarnya FAN cooler ini adalah tempat pendinginan terakhir yaitu pembuangan panas karena di dalam modul SMPS sudah tersedia pendinginnya yaitu Plat alumunium.

Casing Power Supply
Casing Power supply berfungsi untuk melindungi komponen – komponen komputer akibat serangan induksi gelombang elektromagnetik, oleh karena itu casing Power supply di buat menggunakan logam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian - Bagian Power Supply"

Posting Komentar